Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

  • I Wayan Sumandya FPMIPA IKIP PGRI Bali

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran RME dengan pembelajaran konvensional, berdasarkan gaya berpikirnya. Jenis penelitian adalah eksperimen semu, dengan populasi berupa seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mengwi. Data hasil belajar matematika dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk esay, sedangkan data gaya berpikir diperoleh dengan instrument angket gaya berpikir. Data dianalisis menggunakan analisis varian dua jalur. Temuan penelitian adalah: 1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara Siswa yang diajar dengan pendekatan RME dengan pembelajaran konvensional. 2) Untuk siswa yang memiliki gaya berpikir divergen, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran RME dengan pembelajaran konvensional. 3) Untuk siswa yang memiliki gaya berpikir konvergen, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran RME dengan pembelajaran konvensional. 4) Temuan penelitian kedua dan ketiga mengindikasikan adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan gaya berpikir siswa. Simpulan penelitian bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran RME dan gaya berpikir terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mengwi Tahun Pelajaran 2017/2018.

References

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Daryanto (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.
Depdiknas (2008). Panduan Pengembangan Indikator. Jakarta: Ditjen Manajemen Dikdasmen.
Dewi Nuharini, Tri Wahyuni (2008). Matematika 1 Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Dimyati dan Mudjiono (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Haryati, Mimin (2010). Model dan Teknik Penilaian dada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Koyan, I Wayan (2012). Statistic pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Kelemahan dan kelebihan RME, http://topynapoppy21.wordpress.com /2013/01/22/rme/, diakses pada tanggal 19 Januari 2017.
Nar Herrhyanto, H.M. Akib Hamid (2007). Statistika Dasar. Jakarta: Universitas TerbukA.
Wijaya, Ariyadi (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu
Published
2018-03-30
How to Cite
SUMANDYA, I Wayan. Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 55-65, mar. 2018. ISSN 2622-8688. Available at: <http://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/emasains/article/view/83>. Date accessed: 18 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.1407741.
Section
Articles