Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika

  • I Komang Sukendra FPMIPA IKIP PGRI Bali

Abstract

Rasa cemas yang berlebihan dan ketakutan saat menghadapi persoalan akan mempengaruhi hasil belajar, saat belajar matematika seharusnya dengan perasaan senang agar termotivasi untuk mendapatkan hasil belajar matematika yang tinggi. Berpikir logis matematika merupakan kemampuan untuk mencetuskan banyak jawaban, mengembangkan suatu jawaban untuk menangkap dan menghasilkan masalah sebagai tanggapan terhadap suatu situasi, serta mengemukakan pendapat dirinya sendiri sebagai tanggapan terhadap suatu situasi yang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan dan kemampuan berpikir logis matematika terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah korelasional atau Ex-postfacto. Populasi penelitian  adalah peserta didik kelas X SMA PGRI 4 Denpasar tahun pelajaran 2017/2018, dan sampel kelas X IPA 1 dan X IPA 3 yang jumlahnya 72 peserta didik. Data dianalisis menggunakan  analisis regresi ganda dan korelasi ganda. diperoleh hasil penelitian bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan  dan kemampuan berpikir logis matematika terhadap hasil belajar matematika.

References

Arikunto, Suharsimi (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah dan Masri Kuadrat (2009). Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hardiman, Budi F. 2004. Filsafat Modern. Jakarta: Gramedia.
Hariman (2011). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hendrawati, Sri. (2010). Berpikir Sistematik Matematika. Bandung: Tarsito.
Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Koyan, I Wayan. (2012). Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Munajat, Ade. (2010). Dasar-dasar Logika. Sukabumi: Widya Mandiri.
Pakpahan, Hedra. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Yudistira.
Purwanto, Ngalim. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Redja, Mudyahardjo. (2001). Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung: Rosda.
Riduwan. (2010). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta
Risnanosanti. 2010. Kemampuan Berpikir Logis.
http://eprints.uny.ac.id/10091/1/P%20-%2079.pdf. Diakses pada 04 Desember 2013.
Santrock, John W. (2011). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabet
Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Malang: Pustaka Dua.
Sukendra, I. (2017). HUBUNGAN ANTARA NILAI TUGAS DAN NILAI KEAKTIFAN DALAM KELAS TERHADAP NILAI UJIAN AKHIR SEMESTER TELAAH KURIKULUM MATEMATIKA SMA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA IKIP PGRI BALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Emasains : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 5(1), 42-47. Retrieved from http://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/emasains/article/view/18
Suriati, Ni Luh. (2005). Hubungan Penguasaan Bahasa Indonesia dan Logika Matematika dengan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas XI SMA Dharma Praja Badung. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Denpasar : IKIP PGRI Bali.
Suryabrata, Sumadi. 1989. Proses Belajar Mengajar Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Andi Offset.
Syukur, Muhammad. 2004. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Bandung: Bumi Aksara.
Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Widana I Wayan (2018), Higher Order Thinking Sklls Assessment towards Critical Tinking on Mathematics Lesson. International Journal of Social Sciences and Humanities (IJSSH) 2(1), 24-32,2018. URL : http:/sciencessholar.us/journal/index.php/ijssh/article/view/74>.
Yudhawati, 2011. Tingkat Kecemasan dipandang sebagai komponen dalam dinamika Individu. Bandung: Bumi Aksara
Yulita. 2011. Teori Belajar Kognitif dan Pemrosesan Informasi .
http://taayulita.files.wordpress.com/2011/05/isi.doc. Diakses pada 20 Oktober 2013.
Published
2018-03-30
How to Cite
SUKENDRA, I Komang. Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 91-98, mar. 2018. ISSN 2622-8688. Available at: <http://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/emasains/article/view/87>. Date accessed: 18 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.1407749.
Section
Articles