EVALUASI PROGRAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN JEMBRANA BALI

  • I Komang Adi Palgunadi FPOK IKIP PGRI Bali

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi 1) perencanaan program, 2) persiapan program, 3) pelaksanaan program, dan 4) mengevaluasi keberhasilan program implementasi KTSP pada pembelajaran penjasorkes. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan model CIPP menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru, dan siswa SMA di Kabupaten Jembrana. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian 1) perencanaan program implementasi KTSP dalam penjasorkes, 2) persiapan program implementasi KTSP dalam penjasorkes, 3) pelaksanaan program KTSP pembelajaran penjasorkes,4) hasil implementasi program KTSP.



References

Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta; PT Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rodaskarya.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA/MA. Edisi Pertama. Jakarta: Litera.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Sukardi. 2009. Evaluasi Pendidikan Prinsip Dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2017-10-11
How to Cite
PALGUNADI, I Komang Adi. EVALUASI PROGRAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN JEMBRANA BALI. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 77-81, oct. 2017. ISSN 2337-9561. Available at: <http://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/jpkr/article/view/11>. Date accessed: 18 dec. 2018.
Section
Articles