DETERMINASI SUPERVISI AKADEMIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI DOSEN TERHADAP KUALITAS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA FPOK IKIP PGRI BALI TAHUN 2014

  • Ni Wayan Ary Rusitayanti FPOK IKIP PGRI Bali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat determinasi yang signifikan antara supervisi akademik (X1), motivasi berprestasi dosen (X2) terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran pada FPOK IKIP PGRI Bali (Y). Penelitian ini termasuk penelitian ex-post fakto yang berbentuk korelasional dengan populasi subyek mencakup dosen-dosen Pada FPOK IKIP PGRI Bali, yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini adalah survei. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. Penyusunan kuesioner dilakukan dengan menggunakan model skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana, regresi ganda, analisis korelasi parsial, determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kecenderungan supervisi akademik berada dalam kategori baik. Terdapat determinasi yang signifikan antara supervisi akademik dengan kualitas pengelolaan pembelajaran dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,544 dan determinasi sebesar 29,6%, (2) Kecendrungan motivasi berprestasi dosen berada dalam kategori baik. Terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan kualitas pengelolaan pembelajaran, dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,998 dan determinasi sebesar 99,7%. 3) Kecendrungan dosen berada dalam kategori cukup baik. Terdapat korelasi yang signifikan dengan kualitas pengelolaan pembelajaran, dengan koefisien korelasi (rx3y) sebesar 0,282 dan determinasi sebesar 8%. 4) Kecendrungan kualitas pengelolaan pembelajaran berada dalam kategori sangat baik 5) Terdapat korelasi yang signifikan supervisi akademik, motivasi berprestasi dan dosen bersama-sama dengan kualitas pengelolaan pembelajaran, dengan koefisien korelasi (Ry123) sebesar 0,999 dan determinasi (R2) sebesar 99,8%.

References

Anoraga, P, 1998. Psikologi Kerja Rineka Cipta, Jakarta.

Arifin, M, 2000, Kapita Selekta Pendidikan, Bumi Putra, Jakarta.

Arikunto, S, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT.Rineka Cipta, Jakarta.

Arikunto, Suharsini (http://id.shvoong.coom/socialscience/education/2258044-pengertian pengelolaan pembelajaran/) di unggah 2014 Januari 12

Arikunto, Suharsini. 2004 Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Aswar, S, 2001. “Asumsi-Asumsi Dalam Inferensi Statistik” dalam Buletin Psikologi (hal 7-17).

Atmowiro, S, 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia, Ardadizya Jaya, Jakarta.

Burhanuddin, 1994, Analisis Administrasi Manajemen Kepemimpinan Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Carolyn, (dalam Wirawan). 2007, Budaya dan Iklim Organisasi, Salemba Empat, Jakarta.

Danim, S, 2004, Menjadi Komunitas Pembelajaran Kepemimpinan Trasformasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran, PT.Bumi Aksara, Jakarta.

Depdiknas, 2000, Panduan Manajemen Perguruan Tinggi , Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat SLTP, Jakarta.

Fremont, E.Kast and James. E Rosenweig, 1985. Organisasi dan Manajemen, Buki Aksara, Jakarta.

Gipson, dkk, 1996, Organisasi edisi ke lima, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Hamalik, O, 1993, Psikologi Manajemen, Triganda Karya, Bandung.

Hamzah, B Uno, et al, 2001. Pengembangan Instrumen untuk Penelitian, Dilema Press, Jakarta.

Heidjrachman dan Suad, H, 1990, Manjemen Personalia, BPPE, Yogyakarta.

Hersey, P, 1994, Kunci Sukses Pemimpin Situasional, Terjemahan Soetopo. Aksara, Jakarta.

Kaler, 2011. Determinasi Berprestasi, Pengalaman Kerja, dan Iklim Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Dians Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Kota Denpasar.Tesis Pasca Sarjana Undiksa Singaraja. Tidak diterbitkan.

Koswara dan Nuryantini, 2002, Manajemen Lembaga Pendidikan, Patragading, Bandung.

Kotter, John P, 1997, Faktor Kepemimpinan, (Alih Bahasa Hari Sumianto), Prenhalindo, Jakarta.

Manullang M, 1994, Manajemen Personalia, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Moedjiono. Moh. Dimyanti. 1991/1992. Strategi Kerja Mengajar. Departemen Pendidikan dan kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Lembaga Kependidikan

Mulyasa, 2006. Manajemen Berbasis Perguruan Tinggi . Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E, 2003, Manajeemnt Berbasis Perguruan Tinggi , PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Mulyasa. 2005. Menjadi Dekan Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Natajaya, I Nyoman. 2012. Suatu Kajian Teoretik Kepemimpinan Dekan Sebagai Administrator, Pendidik, Motivator, Supervisor, Pemimpin, Inovator Pendidikan

Nawawi, H, 2000, Manajemen Strategik Organisasi Non Porfit Bidang Pemerintahan Dengan Ilustrasi Di Bidang Pendidikan, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Nestre, I Wayan. 2012 Kontribusi Supervisi Dekan, Sikap Profesonal Dosen, dan Kesejahteraan Dosen Terhadap Kinerja Dosen.Tesis. Pasca Sarjana Undiksa Singaraja. Tesis tidak diterbitkan

Permendiknas. 2007 Nomor 41 Tentang Prinsip-prinsip Penyusunan RPP Depdinas. Jakarta

Permendiknas.2006. Nomor 22 Tentang Standar Isi. Depdiknas.Jakarta

Permendiknas.2007. Nomor 13 Tentang Standar Kompetensi Dekan.Depdiknas Jakarta

Purwanto, N, 1987, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Remadja Karya, Bandung.

Riduwan, 2004, Metode & Teknik Menyusun Tesis, Alfabeta, Bandung.

Robert G. Owen. .(dalam Wirawan), 2007, Budaya dan Iklim Organisasi, Salemba Empat, Jakarta.

Robert Stinger, (dalam Wirawan), 2007, Budaya dan Iklim Organisasi, Salemba Empat, Jakarta.

Safaria, T, 2004, Kepemimpinan Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sarwono, S.W, 1995, Psikologi Lingkungan, PT.Gramedia Widyasarana Indonesia, Jakarta.

Sedarmayanti, 2001, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, CV.Mandar Maju, Bandung.

Siagian, S.P, 1987, Pengembangan Sumber Daya Insani, Gunung Agung, Jakarta.

Suciasih, Ni Wayan. 2012 Kontribusi Supervisi Pengawas Perguruan Tinggi , Fungsi Dekan dan Motivasi Berprestasi Dosen Terhadap Kualitas Pembelajaran. Tesis. Pasca Sarjana Undiksa Singaraja. Tesis tidak diterbitkan

Sugiono, 2003, Statistik untuk Penelitian, CV.Alfabeta, Bandung.

Suharsini, A, 1993, manjemen Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

Supriadi, 2001, Mengangkat Citra Dan Martabat Dosen, Adi Cita Karya Nusa, Yogyakarta.

Sutrisna, H, 1997, Seri Program Statistik Manual SPS Paket Medi. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Taguiri, L, (dalam Wirawan), 2007, Budaya dan Iklim Organisasi, Salemba Empat, Jakarta.

Thoha, 1992, Prilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya, Rajawali, Jakarta.

Tolla, I,1991, Pengaruh Iklim Organisasi Perguruan Tinggi Terhadap Performans Dosen SMA Ujung Pandang. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Jakarta.

Triwidiani, Ni Nyoman Ayu. 2012 Kontribusi Gaya Kepemimpinan Dekan, Supervisi Pengajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Dosen.Tesis. Pasca Sarjana Undiksa Singaraja. Tesis tidak diterbitkan

Wahjosumidjo, 2005, Kepemimpinan Dekan, PT.Raja Grapindo Persada, Jakarta.

Wardhana, I Wayan. 2012. Analisis Prulaku Kepemimpinan Dekan, Semangat Kerja Dosen dan Supervisi Pengawas Perguruan Tinggi Terhadap Kualitas Pembelajaran. Tesis. Pasca Sarjana Undiksa Singaraja. Tesis tidak diterbitkan

Wijono, 1989 Administrasi dan Supervisi Pendidikan, PTK Diten Dikti Depdikbud, Jakarta.

Yudana, I Nyoman. 2011. Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Profesionalisme Dosen. Buku Ajar. Mata Kuliah Analisis Program dan Teknik Supervisi Pendidikan. Program Studi Administrasi Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

Yukl, G, 1994, Kepemimpinan Dalam Organisasi, Prenhallindo, Jakarta
Published
2017-10-11
How to Cite
RUSITAYANTI, Ni Wayan Ary. DETERMINASI SUPERVISI AKADEMIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI DOSEN TERHADAP KUALITAS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA FPOK IKIP PGRI BALI TAHUN 2014. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 59-68, oct. 2017. ISSN 2337-9561. Available at: <http://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/jpkr/article/view/8>. Date accessed: 18 dec. 2018.
Section
Articles