PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI

  • Made Ayu Sukaharsilawati Universitas Teknologi Indonesia

Abstract

This research has an objective to improve the teaching of Indonesian language and literature, and to improve students' poetry reading skill of class XII AP 2 SMK Nusa Dua Badung in lesson 2014/2015 through contextual approach (CTL). The results of this study is the ability of students of class XII AP 2 SMK Nusa Dua Badung in reading poetry is very good. It is evident from the average value obtained by students have increased from each cycle. In cycle I the average of students is 70.71%. In cycle II the average score of students' poetry reading ability increased to 82.28%.

References

Antara, IGP. 1985. Apresiasi Puisi. Denpasar: CV Kayu Mas.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Menengah. Jakarta: BP Cipta Jaya.
Bahri Syaiful Djamariah Drs, dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA. Jakarta : Depdiknas.
Dwiloka, Bambang dan Rati riana. 2005. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Endraswara, Suardi. 2005. Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Rineka Cipta.
Jhonson, Elaine B. 2002. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: MLC.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2003. Jakarta : Depdiknas.
Kerta, I Ketut. 2006. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SMP Negeri 1 Mengwi Melalui Kegiatan Membaca Buku Perpustakaan. Dinas Pendidikan Badung.
Murda, I Nyoman. 2008. Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Materi Ajar Diklat Contextual Teaching and Learning (CTL) Bagi Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMA/SMK Kabupaten Badung.
Muslich, Mansur. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhadi, Agus Gerrad Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Surabaya: Universitas Malang.
Riris K. Toha-Sarumpaet. 2002. Apresiasi Puisi Remaja. Jakarta: Grasindo.
Rosidi, Ajip. 1983. Pembinaan Minat Baca,Bahasa dan Sastra. Surabaya: PT Bina Ilmu.
Suciati, dkk. 2003. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Situmorang, B.P. 1983. Puisi Teori Apresiasi Bentuk dan struktur. Flores: Nusa Indah.
Sugono, Dendy. 2003. Buku Praktis Bahasa Indonesia jilid 1. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Sunaryo, Hari. 2005. Membaca Ekspresif. Malang : Universitas Muhammadiyah.
Tarigan, Henry Guntur. 1993. Prinsip-prinsip Dasar sastra. Bandung. Angkasa.
Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Uno, Hamzah B. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardhani, IGAK dan Kuswaya Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Universitas Terbuka.
Published
2018-04-02
How to Cite
SUKAHARSILAWATI, Made Ayu. PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI. Widyadari, [S.l.], v. 19, n. 1, p. 142-164, apr. 2018. ISSN 2613-9308. Available at: <http://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/widyadari/article/view/46>. Date accessed: 15 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.1241536.
Section
Articles