Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA SMP di Lombok Barat

Main Article Content

Agus - Ramdani
I Made Wijaya Darma Saputra
Syamsul - Bahri
I Nengah - Sukawidana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Proses Pembelajaran pada mata pelajaran IPA SMP di Kabupaten Lombok Barat. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru di sekolah negeri dan swasta yang telah mengimplementasikan Kurikulum 2013. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik stratified random sampling dengan mengambil 15% dari jumlah populasi sebanyak 162, sehingga jumlah sampel yaitu 16 guru sekolah negeri dan 8 guru sekolah swasta. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam RPP yaitu sudah masuk kategori Sangat Baik. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan pendekatan saintifik memiliki kategori Cukup Baik pada langkah Menanya dan Mengasosiasi. Guru yang menerapkan kegiatan 5M secara lengkap dan berurut sebanyak 25%, sementara guru yang menerapkan 5M secara lengkap namun tidak berurut yaitu 37.5%, serta guru yang tidak menerapkan 5M secara lengkap yaitu 37.5%.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Alamansyah N. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan. 1(1).
Arifin dan Gultom U.A. (2016). Lesson Study: Peningkatan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Di SMP Kota Tarakan. Journal Of Est, 2(3).
Aryani, M.F. (2014). Studi Kasus Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Guru-Guru Di SMAN 1 Bawang (Studi Pada Tahun Ajaran 2013/2014). Economic Education Analysis Journal (EEAJ), 3(3).
Bintari, N.LG.R.P., Sudiana, I.N., Putrayasa, I.B. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) Sesuai Kurikulum 2013 Di Kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 1(1).
Budiyanto A.M.K., Waluyo L., dan Mokhtar A. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Pendidikan Dasar di Malang. Proceeding Biology Education Conference, 13(1).
Chrisyarani, D.D, Werdiningtiyas, R.K. (2018). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran K13 di SDN Sudimoro 2 Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Jurnal Widya Laksana, 7(1).
Daryanto dan Sudjendro, H. (2014). Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Dewi, A.E.A dan Mukminan. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Ips Di Middle Grade SD Tumbuh 3 Kota Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia. 4(1).
Diani, R. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantukan LKS Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika ‘Al-BiRuNi. 5 (1).
Fussalam Y.E., Elmiati. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K13) SMP Negeri 2 Sarolangun. Jurnal Muara Pendidikan, 3(1).
Hasnunidah N., Rosidin U., Kadaritna N. (2018). Pendekatan Saintifik dan Permasalahan Pembelajarannya Pada Mata Pelajaran IPA SMP Di Kota Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (ISBN: 978-602-61265-2-8).
Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam. IIII (1).
Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter, dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (1).
Marjan, J. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(1).
Miles M.N., dan Huberman A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta. UI Press.
Neolaka, F., Manggoa, M., Nenotek, S. A. (2016). Implementasi kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Kupang Tengah Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan. 1(10).
Permatasari, E.A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Sejarah. Indonesia jurnal of history education, 3(1).
Permendikbud No. 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Raja Grafindo Persada
Saragih, H. (2015). Meningkatkan Ketrampilan Guru Membuat Perangkat Pembelajara Berbasis Kurikulum 2013 bagi Guru pada Sekolah. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. 1(1)
Sudarsana, I.K. (2018). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Di Sekolah (Persepektif Teori Konstruktivisme). Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1).
Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3).
Wijayati E.C., Degeng I.N.S., Sumarmi. (2016). Kesulitan-Kesulitan Dalam Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran IPS SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11).
Wijayanti A. (2014). Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (2).
Zendrato W., Sarumaha A. (2018). Persepsi Guru Mata Pelajaran Peminatan Sosial Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Revisi di SMA Negeri 1 Telukdalam. Jurnal Education and development, 6(1).