PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DENGAN GAME SIMULATION TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA NEGERI 2 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

Main Article Content

I Gusti Ayu Rai
I Made Subrata
I Wayan Budiyasa
Ni Made Siwi Dharmayanthi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kreatif dengan game simulation terhadap motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 2 Denpasar tahun pelajaran 2017/2018.  Sampel penelitian berjumlah 2 kelas yang ditetapkan dengan menggunakan teknik random sampling.


Data yang dikumpulkan berupa motivasi belajar dengan menggunakan angket dan hasil belajar biologi  dengan mengunakan tes. Angket dan tes yang digunakan telah memenuhi syarat karena sebelum digunakan terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan analisis statistik  MANOVA.


Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan motivasi belajar peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kreatif dengan game simulation dengan motivasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional; 2) ada perbedaan hasil belajar biologi peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kreatif dengan game simulation dengan hasil belajar biologi peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional; 3) ada perbedaan motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kreatif dengan game simulation dengan motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional.


Motivasi dan hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran kreatif dengan game simulation lebih baik jika dibandingkan dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kreatif dengan game simulation berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik di kelas X MIA SMA Negeri 2 Denpasar tahun pelajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles