Implementasi model pembelajaran REACT untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika

Authors

  • Ketut Kariasa SMA Negeri 1 Kerambitan

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4285500

Keywords:

understanding physics concepts, REACT learning model

Abstract

This study aims to improve understanding of the physics concepts of class X MIPA 3 students at SMA Negeri 1 Kerambitan in the 2017/208 academic year through the implementation of the REACT learning model. The research subjects were students of class X MIPA 3 at SMA Negeri 1 Kerambitan in the 2017/2018 school year. The object of research is understanding the concept of physics. Data were collected using a physics learning achievement test. The data analysis technique used a qualitative descriptive technique. The results show that the implementation of the REACT learning model can improve understanding of the physics concepts of class X MIPA 3 students in SMA Negeri 1 The 2017/2018 school year updates. This can be seen from the average value of students' understanding of physics concepts in the first cycle of 70.4 with 74% classical completeness and 74.85 in the second cycle with good categories and 94% classical completeness. The implementation of the REACT model in learning causes an increase in students' understanding of physics concepts.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Kerambitan Tahun Pelajaran 2017/208 melalui implementasi model pembelajaran REACT. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 di SMA Negeri 1 Kerambitan tahun pelajaran 2017/2018. Objek penelitian adalah pemahaman konsep fisika. Data dikumpulkan mengginakan tes prestasi belajar fisika. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran REACT dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa kelas X MIPA 3 di SMA Negeri 1 Kerambitan tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pemahaman konsep fisika siswa pada siklus I sebesar 70,4 dengan ketuntasan klasikalnya 74% dan siklus II menjadi 74,85 dengan kategori baik dan ketuntasan klasikalnya 94%. Implementasi model REACT dalam pembelajran menyebabkan terjadinya peningkatan pemahaman konsep fisika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2011). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.

COORD. (2012). The REACT strategy. Artikel online. http://www.cord.org/the-react-learning-strategy.

Durotulaila. H. A. (2014). Pengaruh model pembelajaran REACT (relating, experiencing, applying, cooperating, transfering) dengan metode eksperimen dan penyelesaian masalah terhadap prestasi belajar ditinjau dari kemampuan analisis siswa. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(4) 66-74.

Hasnawati. (2006). Pendekatan contextual teaching learning hubungannya dengan evaluasi pembelajaran. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 3(1), 53-62.

Maifulloh, B. (2013). Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII F SMP Negeri 7 Malang dengan model REACT. Skripsi (tidak diterbitkan) : Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang.

Meita, N. M. (2012). Pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang, [Thesis, Universitas Negeri Malang].

Peraturan Menteri Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Peraturan Menteri Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Peraturan Menteri Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Selamet, K. (2013). Pengaruh model pembelajaran kontekstual REACT terhadap pemahaman konsep fisika dan keterampilan proses sains siswa kelas VIII SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 76-83.

Setyowati, D. & Widana, I. W. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 5(1), 66-72.

Sudiarta, I. G. P., & Widana, I. W. (2019). Increasing mathematical proficiency and students character: lesson from the implementation of blended learning in junior high school in Bali. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series1317 (2019) 012118, doi:10.1088/1742-6596/1317/1/012118.

Widana, I. W., Suarta, I. M., Citrawan, I. W. (2019). Application of simpang tegar method: Using data comparison. Jour of Adv Research in Dynamical & Control Systems, 11(2)-Special Issue on Social Sciences, 1825-1832, http://www.jardcs.org/abstract.php?id=1563.

Yuliati, L. (2008). Model-model pembelajaran fisika teori dan praktek. LP3 Universitas Negeri Malang.

Published

2020-11-29

How to Cite

Kariasa, K. (2020). Implementasi model pembelajaran REACT untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 437-446. https://doi.org/10.5281/zenodo.4285500