PELATIHAN LARI AKSELERASI JARAK 40 METER 10 SET DAN 50 METER 8 SET TERHADAP PENINGKATAN KECEPATAN LARI SISWA PUTRA KELAS VII SMP GANESHA DENPASAR

  • I Made Bagia Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Bali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan perbedaan pengaruh pelatihan lari akselerasi jarak 40 meter 10 set dan 50 meter 8 set terhadap peningkatan kecepatan lari Siswa Putra Kelas VII SMP Ganesha Denpasar.Dalam melakukan penelitian pasti dan jelas untuk memperoleh hasil penelitian yang ingin dicapai dapat mempergunakan beberapa jenis penelitian.Ada beberapa kategori yang biasanya dipakai untuk mengelompokkan penelitian diantaranya: (a) penelitian eksperimen; (b) penelitian deskritif dan (3) penelitian historis. Metode penelitian ini diberikan kepada ke dua kelompok eksperimen yakni kelompok eksperimen I yang mendapatkan aktivitas lari akselerasi jarak 40 meter 10 set dan kelompok eksperimen II yang mendapatkan aktivitas lari akselerasi jarak 50 meter 8 set. Untuk pengolahan data tersebut, maka digunakan suatu metode yang disebut dengan metode pengolahan data. Di dalam penelitian ini, analisis data menggunakan metode analisis statistik. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan pelatihan lari akselerasi jarak 40 meter 10 set terhadap peningkatan kecepatan lari siswa Putra Kelas VII SMP Ganesha Denpasar; (2) Ada pengaruh yang signifikan pelatihan lari akselerasi jarak 50 meter 8 set terhadap peningkatan kecepatan lari siswa Putra Kelas VII SMP Ganesha Denpasar; (3) Tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan pelatihan lari akselerasi jarak 40 meter 10 set dan 50 meter 8 set terhadap peningkatan kecepatan lari siswa Putra Kelas VII SMP Ganesha Denpasar.

Published
2015-12-28
How to Cite
BAGIA, I Made. PELATIHAN LARI AKSELERASI JARAK 40 METER 10 SET DAN 50 METER 8 SET TERHADAP PENINGKATAN KECEPATAN LARI SISWA PUTRA KELAS VII SMP GANESHA DENPASAR. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 96-105, dec. 2015. ISSN 2337-9561. Available at: <https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/jpkr/article/view/249>. Date accessed: 22 aug. 2019.
Section
Articles