Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Antara Siswa yang Diajarkan dengan Strategi Pembelajaran Know-Want-Learn (KWL) dengan Strategi Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas VIII SMPN 9 Denpasar

Authors

  • Rikardus Aprianto Magut Universitas Mahasaraswati
  • Kadek Adi Wibawa Universitas Mahasaraswati
  • I Ketut Suwija Universitas Mahasaraswati

Keywords:

Pemecahan Masalah Matematika, Strategi Pembelajaran Know-Want-Learn (KWL), Strategi Pembelajaran Konvensional

Abstract

Pembelajaran matematika hendaknya lebih memvariasikan metode maupun strateginya guna mengoptimalkan potensi siswa, termasuk potensi siswa dalam Pemecahan masalah matematika. Penyebab kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika yaitu ketidakmampuan peserta didik membaca masalah dan pemahaman siswa terhadap masalah yang muncul. Strategi pembelajaran yang dapat mengondisikan hal tersebut adalah strategi Know-WantLearn (KWL). Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diajarkan dengan strategi Pembelajaran Know-Want-Learn (KWL) dengan strategi pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 9 Denpasar tahun ajaran 2018/2019.Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen, yaitu Eksperimen semu (quasi Eksperimental research), desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 9 Denpasar dengan jumlah populasi 360 siswa. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling terdiri dari dua kelas yaitu Kelas VIII H sebagai kelompok kontrol dan siswa Kelas VIII I sebagai kelompok eksperimen. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar (Kubus dan Balok) dengan menggunakan tes Uraian bentuk essay sebanyak 8 butir soal. Data dianalisis menggunakan uji t-tes dua pihak (pihak kanan dan Kiri) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-09-22

How to Cite

Magut, R. A., Wibawa, K. A., & Suwija, I. K. (2019). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Antara Siswa yang Diajarkan dengan Strategi Pembelajaran Know-Want-Learn (KWL) dengan Strategi Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas VIII SMPN 9 Denpasar. Prosiding SENAMA PGRI, 1, 41-49. Retrieved from https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/senama/article/view/327