Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa dalam Penyelesaian Masalah ditinjau dari Gaya Belajar

Authors

  • Ni Ketut Erawati IKIP PGRI Bali
  • Ni Wayan Suardiati Putri STIKI Indonesia

Keywords:

Komunikasi Matematis, Gaya Belajar, Penyelesaian Masalah

Abstract

Pembelajaran matematika identik dengan pemecahan masalah yang tidak terlepas dari komunikasi matematis yang memerlukan keterampilan membaca, mendengarkan kemudian menulis, dan berbicara. Keterampilan tersebut berkaitan dengan gaya belajar individu dalam belajar matematika. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan komunikasi matematis mahasiswa ditinjau dari gaya belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di IKIP PGRI Bali dengan subjek penelitian adalah mahasiswa semester IVA tahun ajaran 2018/2019. Pemilihan sampel dilakukan dengan purposive sampling yang memilih 2 mahasiswa dalam setiap kelompok. Instrumen yang digunakan adalah tes gaya belajar dan tes komunikasi matematis. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa 5 mahasiswa memiliki kecenderungan dengan gaya belajar visual, 3 mahasiswa dengan gaya belajar kinestetik dan dua orang cenderung campuran. Berdasarkan pengelompokkan gaya belajar, menunjukkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa tidak bergantung pada gaya belajar yang dimiliki. Pada individu dengan gaya belajar visual maupun kinestetik memiliki kelemahan yang sama yaitu ketelitian dalam melakukan perhitungan matematika dan menyelesaikan masalah yang ditampilkan dengan diagram. Sedangkan untuk penyelesaian masalah yang diberikan dalam bentuk cerita dapat diselesaikan dengan baik. Oleh karena itu untuk memperoleh kemampuan komunikasi matematis yang baik harus didasarkan pada pemahaman konsep, simbol dan ketelitian dalam bermatematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-09-22

How to Cite

Erawati, N. K., & Putri, N. W. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa dalam Penyelesaian Masalah ditinjau dari Gaya Belajar. Prosiding SENAMA PGRI, 1, 50-59. Retrieved from https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/senama/article/view/328