PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DENGAN MENGONTROL ADVERSITY QUOTIENT

Authors

  • Ni Wayan Sunita IKIP PGRI Bali

Keywords:

Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA), adversity quotient, Pemahaman Konsep Matematika.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dengan mengontrol adversity quotient. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIPA SMA PGRI 2 Denpasar. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan desain The Non Equivalen Posttest Only Control Group Design, melibatkan sampel sebanyak 68 orang peserta didik yang diambil dengan teknik simple random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran, variabel terikat dalam penelitian ini berupa pemahaman konsep matematika dan variabel kontrol adalah adversity quotient. Instrumen penelitian yaitu tes pemahaman konsep matematika dan kuesioner adversity quotient . Analisis data menggunakan t-test dan ANAKOVA satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran MEA dengan yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 2) bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran MEA dengan yang mengikuti model pembelajaran konvensional setelah dikontrol adversity quotient

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-09-22

How to Cite

Sunita, N. W. (2019). PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DENGAN MENGONTROL ADVERSITY QUOTIENT. Prosiding SENAMA PGRI, 1, 60-70. Retrieved from https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/senama/article/view/329