PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 DENPASAR TAHUN AJARAN 2018/2019

Authors

  • I Komang John Angga Putera Universitas Mahasaraswati
  • I Putu Ade Andre Payadnya Universitas Mahasaraswati
  • Kadek Rahayu Puspadewi Universitas Mahasaraswati

Keywords:

kemandirian belajar, kemampuan pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode ex post facto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMA Negeri 6 Denpasar. Populasi berjumlah 335 orang dengan sampel sejumlah 81 orang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data mengenai kemandirian belajar siswa dikumpulkan dengan angket dan data mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikumpulkan dengan tes uraian. Materi yang digunakan pada tes kemampuan pemecahan masalah matematika adalah materi trigonometri. Uji hipotesis dilakukan dengan analisis regresi sederhana dan berganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, 2) hasil uji determinasi menunjukkan sumbangan relatif kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 68,23%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-09-22

How to Cite

Angga Putera, I. K. J., Payadnya, I. P. A. A., & Puspadewi, K. R. (2019). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 DENPASAR TAHUN AJARAN 2018/2019. Prosiding SENAMA PGRI, 1, 71-79. Retrieved from https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/senama/article/view/330