PENGARUH MOTIVASI DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI CV. DEWI BULAN

Authors

  • I Ketut Sudana Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali
  • Ni Luh Putu yesy Anggreni Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali
  • Putu Siti Firmani Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

motivasi, budaya kerja, Kinerja

Abstract

Persaingan yang sangat ketat di Era Revolusi 4.0 mengharuskan setiap perusahaan dapat selalu meningkatkan kualitasnya. Hal tersebut harus dilakukan untuk mempertahankan eksistensi. Eksistensi perusahaan diperlukan untuk tetap menjaga para konsumen, sehingga tidak berpaling ke perusahaan lain.

Penelitian dengan judul “Pengaruh Motivasi Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di CV. Dewi Bulan” bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Di CV. Dewi Bulan, (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di CV. Dewi Bulan, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Motivasi Dan Budaya Kerja secara bersama-sama Terhadap Kinerja Karyawan Di CV. Dewi Bulan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear dua prediktor. Untuk mengetahui nyata tidaknya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat maka dilakukan pengujian dengan melakukan analisis regresi, yaitu analisis variansi garis regresi untuk menemukan harga F garis regresi, yang kemudian dapat diuji signifikan atau tidaknya harga F tersebut, kemudian mencari Sumbangan Relatif (SR) masing – masing prediktor X1 dan X2 terhadap kriterium Y dari analisis regresi dua Prediktor, dan mencari sumbangan Relatif (SR) masing – masing prediktor X1 dan X2 terhadap kriterium Y dari analisis regresi dua Prediktor. Subjek penelitian yaitu CV. Dewi Bulan dengan objek penelitian adalah Seluruh Karyawan CV. Dewi Bulan.

Berdasarkan hasil analisis prediksi dua prediktor yaitu, prediktor X1 (motivasi) dan X2 (budaya kerja) terhadap Y (kinerja karyawan), diperoleh harga Freg sebesar 11,46 Dengan (N-m-1) dalam kasus ini db = 25/2 dengan taraf signifikasi 5% nilai Ftabel sebesar 3,39. Ini berarti bahwa, garis regresi yang di analisis signifikan untuk dijadikan landasan prediksi karena terdapat kontribusi yang signifikan antara kriterium (Y) dan prediktor-prediktor (X1, X2). Sumbangan Relatif (SR) dalam % tiap prediktor adalah : Prediktor X1 = 22,70 % dan Prediktor X2 = 77,30 % terhadap kriterium Y pada CV. Dewi Bulan. Berdasarkan hasil tersebut garis regresinya sebesar 68,45% yang terdiri dari sumbangan efektif prediktor X1 (motivasi) = 25,20%. Dan sumbangan efektif prediktor X2 (budaya kerja) = 43,25 %. Sedangkan sisanya sebesar 31,55 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Berdasarkan hasil analisis diatas diharapkan karyawan dapat meningkatkan kualitasnya dengan cara mengikuti perkembangan yang ada, sehingga eksistensi para karyawan tetap terjaga. Hal tersebut juga akan berdampak pada kepercayaan pelanggan terhadap CV. Dewi Bulan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-03-12