Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI TP Di SMK Negeri 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020

Application Of Quantum Teaching Learning Model To Improve The Learning Results Of Creative Products And Entrepreneurship Class XI TP In Vocational School 1 Denpasar Academic Year 2019/2020

Authors

  • Maria Defrista Kurnia Pendidikan Ekonomi
  • Oka Sudarsama Ida Bagus Pendidikan Ekonomi

Keywords:

Model Pembelajaran Quantum Teaching,, Hasil Belajar Siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan siswa kelas XI TP SMK Negeri 1 Denpasar melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah kelas XI TP SMK Negeri 1 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 34 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dan hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan siswa kelas XI TP SMK Negeri 1 Denpasar. Data awal siswa sebelum mengambil tindakan siklus I dan siklus II yaitu, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa (27%) dan yang tidak tuntas sebanyak 25 siswa (73%) dengan nilai rata-rata hasil belajar 69,55, daya serap 69,55% dan ketuntasan klasikalnya adalah 27%. Hasil penelitian pada siklus I dimana jumlah siswa yang tuntas adalah 15 siswa (44,11%) dan yang tidak tuntas sebanyak 19 siswa (55,89%). Pada siklus I dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 73,82, dan daya serap 73,82% dan ketuntasan klasikal yang mencapai 44,11%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 30 orang siswa (88,23%) dan yang tidak tuntas 4 orang siswa (11,77%), dimana untuk siswa yang tidak tuntas diberikan tugas tambahan berupa tugas individu untuk melengkapi nilai yang tidak tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus II mencapai 79,55, daya serap 79,55% dan ketuntasan klasikalnya 88,23%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta

Depdiknas, 2004. Kurikulum Hasil Belajar. Jakarta. Depdiknas

DePorter Bobbi, 2004. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-ruang Kelas. Bandung : Kaifa

Fatturohman, Muhammad. 2015. Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013: Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: KALIMEDIA

Kuandar, 2014. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pers

Miftahul A’la, 2012. Quantum Teaching : Buku Pintar dan Praktis. Jogjakarta : DIVA Press

Riyanto, 2012. Paradigm Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Rusman, 2014 Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, R & D. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT Bumi Aksara

Ungguh, 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: GAVA MEDIA

WENA,Made,2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Jakarta: Bumi Aksara

Yuliawati, Fitri. dkk 2012. Penelitian Tindakan Kelas untuk Tenaga Pendidik Profesional. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani

Zainal Aqib dan Murtadlo, 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Published

2020-09-03