STRATEGI GURU MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINGARAJA

Authors

  • Yoga Putra Semadi Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Strategi Guru, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) strategi guru menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran apresiasi sastra dan (2) kendala yang dihadapi oleh guru menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran apresiasi sastra di kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan (1) strategi pembelajaran yang digunakan berpusat pada guru dan berpusat pada siswa. Ada delapan nilai yang dominan muncul, yaitu nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, tanggung jawab, inovatif. (2) guru mengalami kendala mengaitkan komponen di RPP sesuai dengan situasi dan kondisi siswa, serta perhatian siswa yang belum terfokus dalam proses pembelajaran. Disarankan kepada guru agar lebih meningkatkan pemahamannya terhadap strategi pembelajaran maupun materi pelajaran kelas menjadi lebih kondusif.

This study aims to describe (1) the teacher's strategy to instill the values ​​of character education in learning literary appreciation and (2) the obstacles faced by the teacher to instill the values ​​of character education in the learning of literary appreciation in class VIII of SMP Negeri 2 Singaraja. Data collection methods used are the method of observation, documentation, and interviews. The results showed (1) the learning strategies used were teacher-centered and student-centered. There are eight dominant values ​​that emerge, namely religious values, honesty, tolerance, discipline, hard work, creative, responsibility, innovative. (2) the teacher experiences obstacles connecting components in the lesson plan according to the situation and condition of the students, as well as the attention of students who have not been focused in the learning process. It is recommended to teachers to further enhance their understanding of learning strategies and class subject matter to be more conducive.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisusilo J.R., Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers.

Aunillah, Nurla Isna. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Laksana.

Dewi, Ida Ayu. 2013. Pembelajaran Apresiasi Sastra Berbasis Kearifan Lokal di SMP Widya Sakti Denpasar. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar. 2011. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Gunatama, Gede. 2006. Puisi (teori, apresiasi, dan pemaknaan). Buku Ajar(tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Gunatama, Gede. 2010. Buku Ajar Puisi (Teori, Apresiasi, Pemaknaan, dan Pembelajaran). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Indriani, Sri. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Buku Ajar (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Koesoema A., Doni. 2011a. Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta: Grasindo.

------- 2011b. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Payuyasa, I Nyoman. 2012. Analisis Pembelajaran Kontekstual Berbasis Karakter dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas VII A1 dan VII A2 SMP Negeri 6 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Pradopo, Rachmat Djoko. 1993. Pengkajian Puisi. Analisis Strata Norma dan Analisis Struktural dan Semiotik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pusat Bahasa. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2006. Metodelogi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

------. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. ALFABET.

Suroto. 1993. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Waluyo, Herman. J. 2002. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta : Erlangga.

Wendra, I Wayan. 2009. Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Undiksha.

Published

2019-05-31