MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI TKR 1 SMK PGRI 2 BADUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE WRITING CONFERENCE TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Dewa Made Wardika Yusana SMK PGRI 2 Badung

Keywords:

Metode Writing Conference, Menulis Cerpen

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode writing conference dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa. Objek penelitian pembelajaran menulis cerpen dengan metode writing conference. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasiatau pengamatan, dan tahap refleksi. Hasil penelitian untuk kemampuan menulis cerpen siswa termasuk kategori cukup dengan nilai rata-rata 2.77 pada siklus satu, pada silkus II sebesar 3,08 dan pada siklus III sebesar 3,42. Jadi penerapan metode writing conference dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI TKR 1 SMK PGRI 2 Badung Tahun Pelajaran 2014/2015.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, Saifudin. (1998). Metode Penelitian. Jogjakarta: Pustaka Belajar.

Depdikbud. (1998). Kamus Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Gugus,Mardini.(1999). Peningkatan Ketrampilan menulis Puisi Menggunakan Metode Conference Writing. Jurnal Gentengkali No 3 Tahun III Surabaya Proyek PPM SLTP JATIM

Kasihani, Kasballah. (1998). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: IKIP Malang

Soedarsono, F.X. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas: Rencana Desain dan Inplementasi. Jogjakarta : Dirjen Dikti.

Suyuti, Sumitro A. (1997). Apresiasi Prosa Fiksi. Jakarta: Depdikbud.

Tarigan, Henry Guntur. (1983). Menulis Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

__________, (1991). Metode Pengajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Published

2020-11-30