PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 1 SINGARAJA

Authors

  • Ni Putu Eka Ernawati SMA Negeri 1 Singaraja

Keywords:

Hasil Belajar, Media Youtube, Pembelajaran Bahasa

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk: (1) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Jepang melalui penerapan media pembelajaran berbasis video youtube, (2) mendeskripsikan respon siswa dalam pembelajaran Bahasa Jepang pada saat penerapan media pembelajaran berbasis video youtube. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Singaraja kelas XI kelas Bahasa pada semester 1 tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri atas 35 orang siswa. Data yang diproleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) nilai rata-rata pembelajaran bahasa Jepang sebelum dilakukan tindakan adalah 70, pada siklus 1 sebesar 79, pada siklus 2 mencapai 85 dan pada siklus 3 meningkat menjadi 89,71; (2) respon siswa sangat baik terhadap penerapan media pembelejajaran berbasis video youtube pada pelajaran bahasa Jepang. Dengan demikian dapat ditarik simpulan bahwa (1) terjadi peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya media pembelajaran berbasis video youtube, (2) siswa senang mengikuti pembelajaran dengan diterapkanya media berbasis video youtube.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Winarno, dkk. (2009). Teknik evaluasi multimedia pembelajaran panduan lengkap untuk para pendidik dan praktisi pendidikan. Jakarta: Genius Prima Media.

Agung, A. A. (2011). Metodologi penelitian pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.

---------. (2012). Teori dan teknik analisis data penelitian tindakan kelas. Singaraja: FakultasIlmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Arsyad, Azhar. (2007). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Endang Mulyatiningsih. (2011). Riset terapan bidang pendidikan dan teknik. Yogyakarta: UNY.

Meneses, F. da C. . (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team accelerated instruction untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 199-209. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003871.

Juliana, D. G., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2017). Hubungan motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 6(1). pp. 40-60. ISSN 2302-2124.

Nariana, I. D. M. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar geografi. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 335-344. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006320.

Rochiati Wiriaatmadja. (2005). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rubiati, & Sriwaty, W. (2020). Penerapan model inquratif dalam pembelajaran menulis teks biografi berbantuan media film. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 28-44. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760432.

Sadiman, Arief dkk. (2010). Media pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudiarta, I. G. P., & Widana, I. W. (2019). Increasing mathematical proficiency and students character: lesson from the implementation of blended learning in junior high school in Bali. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series1317 (2019) 012118, doi:10.1088/1742-6596/1317/1/012118.

Susilana dan Riyana. (2009). Media pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Wendra. (2009). Penulisan karya ilmiah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Widana, I. W. (2020). The effect of digital literacy on the ability of teachers to develop HOTS-based assessment. Journal of Physics: Conference Series 1503 (2020) 012045, doi:10.1088/1742-6596/1503/1/012045.

Widana, I. W., Sumandya, I. W., Sukendra, K., Sudiarsa, I. W. (2020). Analysis of conceptual understanding, digital literacy, motivation, divergent of thinking, and creativity on the teachers skills in preparing hots-based assessments. Jour of Adv Research in Dynamical & Control Systems, 12(8), 459-466, DOI: 10.5373/JARDCS/V12I8/20202612.

Published

2020-11-30