UNSUR VISUAL SENI LUKIS FLORA DAN FAUNA PENGOSEKAN PADA SENI KERAJINAN BATU PADAS DI DESA SINGAPADU

Authors

  • Ni Putu Laras Purnamasari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Agus Mediana Adiputra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Unsur Visual, Seni Lukis Pengosekan, Kerajinan Batu Padas

Abstract

Seni lukis Pengosekan pernah menjadi primadona dikalangan wisatawan diera tahun 1980-an. Lukisan Pengosekan dijadikan sebagai elemen estetis interior hotel, restoran, ruang perkantoran, ruangan rumah sakit, hingga diekspor ke luar negeri sebagai produk suvenir. Bersamaan dengan masa kejayaan seni lukis Pengosekan, representasi seni lukis tersebut ditemukan pada beberapa barang seni kerajinan. Salah satu seni kerajinan yang merepresentasikan seni lukis Pengosekan adalah seni kerajinan batu padas yang berkembang di Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Terdapat kesamaan dari segi tema, gaya, garis, dan volume dengan seni lukis Pengosekan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kesamaan unsur seni lukis Pengosekan yang melekat pada seni kerajinan. Hal tersebut terlihat dari segi tema serta karakter bentuk objek visualnya. Representasi yang terjadi dipengaruhi oleh adanya motivasi seniman untuk menciptakan inovasi, selain juga dipengaruhi oleh pasar yang berkembang saat itu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arcana, Putu Fajar. 2004. “Lukisan Bali Pengabdian dan Penghambaan” dalam Enin Supriyanto dan JB Kristanto, ed., Perjalanan Seni Lukis Indonesia Koleksi Bentara Budaya. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Berata, I Made. 2009. “Dinamika Perkembangan Seni Ukir Batu Padas Di Silakarang, Gianyar, Bali”. Prosiding Seminar Nasional Seni Kriya, Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Penerbitan Seni Kriya ISI Yogyakarta (LPPSK).

Dermawan T., Agus. 2007. Bali Bravo: Lexicon of 200 Years Balinese traditional painters. Jakarta: Panitia Bali Bangkit.

Muka Pendet, I Ketut, 2016, “Inovasi Produk Kerajinan Batu Padas Tradisional Era Globalisasi Di Desa Singapadu Kaler Gianyar”, Disertasi.

Purnamasari, Ni Putu Laras. 2017. “Seni Lukis Pengosekan: Kontinuitas dan Perubahan”, Jurnal Widyadari, No. 22 tahun XVIII Oktober 2017.

Widia, I Wayan dan I Made Seraya. 1983/1984. Mengenal Seorang Tokoh Idealis Pendiri Museum Puri Lukisan Ratna Wartha Ubud Tjokorda Gde Agung Sukawati. Denpasar: Proyek Pengembangan Permuseuman Bali Direktur Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Published

2020-11-30