PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X RPL 1 SMK N 1 NEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • I Ketut Sudiatmika SMK Negeri 1 Negara

Keywords:

model pembelajaran, Project Based Learning, STEM, hasil belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar Fisika dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan STEM pada materi Suhu dan kalor pada peserta didik. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Negara pada semester 2. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Negara Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 36. Objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan STEM, dan hasil belajar. Dalam penelitian ini digunakan beberapa siklus melalui empat tahapan proses kegiatan yang meliputi (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 9,58 yakni dari 71,53 pada siklus I menjadi 81,11 pada siklus II dengan daya serap 81,11%. Berdasarkan hasil siklus I dan II serta faktor lain, bahwa dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada materi Suhu dan kalor dapat meningkatkan hasil belajar Fisika pada peserta didik kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Negara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto,. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Chail Achjar dan Latuconsina Hudaya. 2008. Pembelajaran Berbasis Fitrah. Jakarta : PT. Balai Pustaka (Persero).

Depdiknas. 2004. Kurikulum Hasil Belajar. Jakarta : Depdiknas.

Hakim Thursan. 2010. Belajar Secara Efektif. Jakarta : Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

Hamidi. 2007. Sosiologi Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. Bandung : PT. Setia Purna Inves.

Harmianto. Sri dkk. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Ika Meysiswati. 2012. Implementasi model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) sebagai upaya meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Artikel. Diambil pada tanggal 25 januari 2015.

Jihad dan Harris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta.Multi Presindo

Nailul Khoiriyah, 2018. Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK Pada Materi Gelombang Bunyi. FKIP Lampung, Bandar Lampung.

Noordiyah. 2012.Tingkat Kesukaran Tes dan Daya Pembeda Soal. Artikel. Diambil dari pada tanggal 27 januari 2015, dari https: //noordyah.wordpress .com/ 2012/01 /07 /tes -uraian-dan-analisis-tes-uraian

RuSMKn. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta : PT. Grafindo Persada.

Sanjaya Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Shoimin.2014.68 Model Pembelajaran Innovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta.Ar-Ruzz Media

Suryani. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Ombak.

Sutriyono, 2012. Efektivitas Pembelajaran Suhu dan Kalor Dengan Strategi Group Investigation Berbantuan CD Interaktif Kelas X SM Negeri Semarang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN : 2086-2407 Vol. 3 No. 1 April 2012

Triatno. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Yulianto1, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Malang Pendidikan Geografi-Pascasarjana Universitas Negeri Malang Halaman:448-453 ;http://journal.um.ac.id/index.php/jptp p/

Published

2020-04-07

How to Cite

Sudiatmika, I. K. . (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X RPL 1 SMK N 1 NEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(1). Retrieved from https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/widyadari/article/view/694

Issue

Section

Articles