UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA KELAS XI MIPA2 SMA NEGERI 1 PETANG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • I Wayan Suindhia SMA Negeri 1 Petang

Keywords:

motivasi belajar, hasil belajar, model pembelajaran inkuiri

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Petang, semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 melalui model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang dilakukan dengan empat kegiatan pokok: perencanaan PTK, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian siswa kelas XI MIPA2 SMA Negeri 1 Petang. Teknik pengumpulan data motivasi dengan observasi dan hasil belajar siswa dengan tes. Teknis analasis data adalah analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar fisika siswa yang dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pra siklus 38,24% meningkat pada siklus I 73,53 % dan meningkat lagi pada siklus II 97,06% dan skor hasil belajar fisika yaitu pada pra siklus nilai rata-rata siswa 53,24. Pada Siklus II hasil belajar siswa sudah mencapai kriteria minimal ketuntasan 75% yaitu sebesar 79,41% dengan nilai-rata-rata kelas pada angka 80,29 dan telah melebihi target KKM 70, sehingga model pembelajaran inkuiri ini layak untuk diterapkan.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Petang, semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 melalui model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang dilakukan dengan empat kegiatan pokok: perencanaan PTK, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian siswa kelas XI MIPA2 SMA Negeri 1 Petang. Teknik pengumpulan data motivasi dengan observasi dan hasil belajar siswa dengan tes. Teknis analasis data adalah analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar fisika siswa yang dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pra siklus 38,24% meningkat pada siklus I 73,53 % dan meningkat lagi pada siklus II 97,06% dan skor hasil belajar fisika yaitu pada pra siklus nilai rata-rata siswa 53,24. Pada Siklus II hasil belajar siswa sudah mencapai kriteria minimal ketuntasan 75% yaitu sebesar 79,41% dengan nilai-rata-rata kelas pada angka 80,29 dan telah melebihi target KKM 70, sehingga model pembelajaran inkuiri ini layak untuk diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M., Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Arikunto, S. (2010).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Mudyahardjo, R. 2010. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta :Rajawali Pers

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo

Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.

Prayitno, Elida. (1989). Panduan Pengajar Buku Motivasi dalam Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenadamedia Group.

Sardiman, A.M (2011) . Intrasksi & motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Riyanto, Y. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Sugihartono. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Supriyati, Y dan Anitah, W. S. 2007. Strategi Pembelajaran Fisika. Jakarta: Universitas Terbuka

Wena, M. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara

Published

2020-04-07

How to Cite

Suindhia, I. W. . (2020). UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA KELAS XI MIPA2 SMA NEGERI 1 PETANG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(1). Retrieved from https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/widyadari/article/view/697

Issue

Section

Articles