PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR SISWA KELAS XII MM 1 SMK N 1 MAS UBUD SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • I Made Alus Dherma Negara

Keywords:

model pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar teknik pengambilan gambar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar teknik pengambilan gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MM1 semester ganjil SMK Negeri 1 Mas-Ubud tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 orang yang terdiri atas 24 laki-laki dan 6 perempuan. Data dari penelitian ini adalah aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi dan hasil belajar siswa yang diukur melalui tes siklus. Analisis data yang dilakukan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) melalui model pembelajaran berbasis proyek menunjukkan peningkatan yang sangat efektif pada hasil belajar siswa yakni rata-rata hasil belajar teknik pengambilan gambar pada siklus I sebesar 78.37 dengan ketuntasan klaksikal 43,33 % meningkat pada siklus II menjadi 85,37 dengan ketuntasan klaksikal 100 %

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R, I, 2001, Learning to Teach, New York: Mc. Graw Hill Companies.

Arikunto, S, 1991, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Daryanto (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta:Gava Media

Hamzah B.Uno dkk.(2011). Belajar dengan pendekatan PALIKEM. Yogyakarta: Bumi Aksara Yogyakafta

Made Wena. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhibin Syah. (2009). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sardiman. (2009), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakafta : PT. Raja Grafindo

Suryabrata, Sumadi (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers

Sutirman. (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Trianto. (2009). Mendesain model Pembelajaran Inovatif Progresif : Konsep,

Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KISP). Jakarta : Prenada Media Group

Wijaya Kusumah, & Dedi Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian tindakan Kelas. lakafta: PT. Indeks

Published

2020-04-07

How to Cite

Negara, I. M. A. D. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR SISWA KELAS XII MM 1 SMK N 1 MAS UBUD SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(1). Retrieved from https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/widyadari/article/view/702

Issue

Section

Articles