UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE DRILL DENGAN DEBAT AKTIF PADA SISWA KELAS IX.7 SEMESTER I SMP NEGERI 7 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Ni Luh Gede Endriani SMA Negeri 7 Denpasar

Keywords:

prestasi belajar, metode drill dengan debat aktif

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Siswa kelas IX.7 semester I SMP Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019 sebagian besar belum mencapai KKM Matematika yang ditetapkan di sekolah ini yaitu 76,00. Dari kekurangan yang ada di lapangan tersebut, peneliti mengupayakan sebuah kajian ilmiah dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian yang dilakukan dalam dua siklus menggunakan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi pada setiap siklusnya memfokuskan pencairan datanya menggunakan tes prestasi belajar dan melaksanakan analisis dengan analisis deskriptif. Setelah dilakukan refleksi, terjadi peningkatan prestasi siswa dari rata-rata nilai 69,98 meningkat menjadi 75,68 rata-rata kelasnya pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 81,40. Data tersebut menunjukkan keberhasilan pelaksanaan penelitian sesuai indikator yang dicanangkan. Akhirnya peneliti menyimpulkan bahwa penerapan metode drill dengan debat aktif dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IX.7 semester I SMP Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmani, Jamal Ma’mur. 2009. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Jogjakarta: DIVA Press.

Azwar, Saifuddin. 2005. Dasar-dasar Psikometri. Cetakan kelima. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hamdani, M.A. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

http://www.kompas.cetak/0307/21/opini/4455.htm

Karim, Malik Abdul. 2011. Hakekat Belajar Dan Pembelajaran. Diunggah dari http://malikabdulkarim.blogspot.com/2011/04/hakekat-belajar-dan-pembelajaran.html.

Melvin L. Silberman, 2011. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif.Bandung: Nusamedia.

Pujiono, 2009. Metode Drill dan Penggunaannya. Tersedia online http://jindauksw.blogspot.com/2009/11/metode-drill-dan-penggunaannya.html

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan.Bandung: Alfabeta.

Silberman, Melvin L.. 2011.Active learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Nusamedia, Bandung.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta; Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Published

2020-04-07

How to Cite

Endriani, N. L. G. . (2020). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE DRILL DENGAN DEBAT AKTIF PADA SISWA KELAS IX.7 SEMESTER I SMP NEGERI 7 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(1). Retrieved from https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/widyadari/article/view/723

Issue

Section

Articles