PENDIDIKAN EKONOMI DALAM NILAI-NILAI PANCASILA

Authors

  • Luh De Liska FPBS IKIP PGRI BALI
  • Luh Putu Swandewi Antari FPBS IKIP PGRI BALI

Keywords:

pendidikan ekonomi, nilai-nilai Pancasila

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan setiap orang yang sangat penting karena pendidikan bertugas untuk menyiapkan sumber daya manusia bagi proses pembangunan bangsa dan negara. Pendidikan saat ini berfungsi sebagai suatu upaya menaikkan kualitas peradaban manusia. Dalam hal ini, pembelajaran dan pengalaman perlu diarahkan pada upaya memperjuangkan bentuk-bentuk kehidupan yang terbaik, dengan menghargai martabat waraga negara.Pendidikan diharapkan membawa perkembangan menuju kedewasaan berpikir dan dalam bersikap dalam kehidupan. Tulisan ini mengharapkan terjadi peningkatan dalam kurikulum pendidikan ekonomi, dimana pendidikan ekonomi dapat berkembang dan berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Undang – Undang Pendidikan No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Integritas Nilai-Nilai Pancasila ke Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Wahana Pendidikan Moral Bagi Peserta Didik (Studi Kasus di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah), Triyanto, dkk, dipublikasikan dalam Prosiding Semanas LPP UNS, 03 Nop. 2012, ISBN 978-602-99130-1-9.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabetha. Bandung.

Mahfud M.D. 2009. Pancasila Hasil Karya dan Milik Bersama, Makalah pada Kongres Pancasila di UGM tanggal 30 Mei 2009.

Sri Jani, dkk. 2008. Etika Berwarganegara. Salemba Empat : Jakarta.

Rukiyati, dkk. 2008. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: UNY Press. Hal 67-68.

Published

2020-04-07

How to Cite

Liska, L. D., & Antari, L. P. S. (2020). PENDIDIKAN EKONOMI DALAM NILAI-NILAI PANCASILA. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(1). Retrieved from https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/widyadari/article/view/725

Issue

Section

Articles