SUPERVISI KLINIS INTENSIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGHIDUPKAN SUASANA BELAJAR DI KELAS

Authors

  • I Nyoman Sanglah Sekolah Dasar Negeri 2 Tegaljadi, Marga, Tabanan

Keywords:

Supervisi Klinis Intensif

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah, yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Tegaljadi. Tujuan penulisan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan kompetensi dan kinerja guru melalui supervisi klinis intensif di SD Negeri 2 Tegaljadi. Peningkatan kompetensi dan kinerja guru melalui supervisi klinis merupakan salah satu solusi yang cukup efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil akhir penelitian dimana guru dapat menguasai indikator yang ada dalam menentukan metode pembelajaran dan mencari metode yang benar-benar tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran serta kondisi lingkungan kelas dan lingkungan sekolah itu sendiri yang selanjutnya memberikan manfaat bagi peningkatan kinerja guru dan peningkatan mutu sekolah. Terbukti dari peningkatan kemampuan guru dari siklus Awal yaitu guru kelas IV pada pra siklus mencapai rata-rata nilai 1,83, pada siklus I 2,55 dan pada siklus II 3,67, guru kelas V pada pra siklus mencapai nilai rata-rata 2,00, dan pada siklus I 2,67, pada siklus II 3,67, sedangkan pada guru kelas VI pada pra siklus mencapai nilai rata-rata 2,33 dan pada siklus I 2,67 dan pada siklus II 3,50. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi klinis intensif dapat meningkatkan kemampuan guru di SD Negeri 2 Tegaljadi tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid, 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Dedi Supriadi, 2002. Laporan Akhir Tahun Bidang Pendidikan dan Kebudayaan. Artikel. Jakarta: Kompas

Depdiknas, 2002. Kurikulum dan HAsil Belajar Kompetensi Dasar. Jakarta: Balitbangdiknas

Depdiknas, 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Em Zul Fajri dan Ratu Aprilia Senja, 2006. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Difa Publisher

J. La Solo, 1983. Pendekatan dan Teknik-teknik Supervisi Klinis. Jakarta: Departemen P dan K, Ditjen Pend. Tinggi (PPLPTK)

Nana Sudjana, 2005. Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Ngalim Purwanto, 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Piet A. Sahertian, 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengambangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Samuel Smith, mengjarkan-matematika-sebuah-pemikiran.html diakses dari http://chamisah.blogspot.com

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Published

2020-04-07

How to Cite

Sanglah, I. N. . (2020). SUPERVISI KLINIS INTENSIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGHIDUPKAN SUASANA BELAJAR DI KELAS . Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(1). Retrieved from https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/widyadari/article/view/733

Issue

Section

Articles