SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI 1 SELANBAWAK

Authors

  • I Made Senayasa Sekolah Dasar Negeri 1 Selanbawak, Kab. Tabanan

Keywords:

Kinerja Guru, Supervisi Edukatif Kolaboratif

Abstract

Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah, yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Selanbawak, Kec Marga, Tahun 2019, dengan judul “Pelaksanaan Supervisi Edukatif Kolaboratif secara Periodik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 1 Selanbawak Tahun pelajaran 2019/2020. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk : a. mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam melaksanakan pembelajaran, b. mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam menilai prestasi belajar, c. mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa. d. mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam menyusun rencana pembelajaran. Hasil penelitian tindakan sekolah adalah: 1. Penentuan perencanaan pada siklus I adalah 66.33%, pada Siklus II 85.44%, 2. Hasil Melaksanakan Pembelajaran Tindakan Siklus I adalah 72.36% tindakan siklus II adalah 95.27 %, 3. Hasil Menilai Prestasi Belajar Siklus I adalah 81,66% dan siklus II 92.27 %, dan 4. Hasil Melaksanakan Tindak Lanjut Hasil Penilaian Siklus I adalah 64.80% dan pada siklus II 87.00 %. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari setiap siklusnya. Dapat disimpulkan bahwa Supervisi Edukatif Kolaboratif secara Periodik dapat meningkatkan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri l Selanbawak tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departeman Pendidikan Nasional (2004:2) tentang Profesionalisme Guru.

Ondi Saondi dan Aris Suherman,2005, Etika Profesi Keguruan, Bandung : Reftika Aditama,

Pidarta, Made. (2009). Supervisi Pendidikan Konstekstual. Jakarta: Rineka Cipta

Suherman ( 2010: 54 ), Kompetensi Guru Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sahertian, Piet A. (2010). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Published

2020-04-07

How to Cite

Senayasa, I. M. . (2020). SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI 1 SELANBAWAK . Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(1). Retrieved from https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/widyadari/article/view/735

Issue

Section

Articles