CERITA RAKYAT BALI (SATUA ) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEKRITISAN PENALARAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR DAN PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • I Nyoman Sadwika
  • I Nyoman Astawan

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4049413

Keywords:

Character, Critical learning, Satua

Abstract

Good entertainment which is packaged in the form of reading satua (stories) for children is very supportive and good for children’s characters. Satua has a good value form local genius from a region, this value very relevant and give a good impact for child development escepecially primary student. The aim of this paper is for developing satua as a critical learning media for primary student. Satua is one of the effective media for building children's character. Satua as part of the literature recognizes that it has a positive contribution to the development of children's personality, if one is given the involvement of instilling, fostering, developing, and even preserving the values ​​of character education.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, A.A. Gede. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan: Suatu Pengantar. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Pendidikan Negeri.

Anindyarini, Atikah. 2011. Membangun Karakter Anak Melalui Sastra. Semarang: UNS.

Lestari, Sri., Ani Rakhmawati, dan Muhammad Rohmadi. 2016. Analisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik pada Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2014 serta Releansinya sebagai Materi Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya: 4(1). hal 183-202.

Pramuki, Esti B. 2011. Cerita Anak sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Pembentukan Karakter Siswa SD. Semarang: UNS.

Pratama, Rizky., Bukhari, dan Mahmud HR. 2017. Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Pendek Siswa Kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar: 2(1). hal 103-112.

Pratiwi, Yuni. 2014. Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Kekeritisan Penalaran Anak Usia Sekolah Dasar Pada Masyarakat Multibudaya Di Indonesia. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya: 42(1). hal 96-106.

Rasna, Wayan. 2012. Peran Cerita Anak dalam Pendidikan Karakter. Bahasa, Sastra dan Pengajarannya. Singaraja: Pustaka Larasan.

Santosa, Puji. 2015. Metodologi Penelitian Sastra: Paradigma, Proposal, Pelaporan, dan Penerapan. Yogyakarta: Azzagrafika.

Tinggen, I Nengah. 1993. Kumpulan Satua Bali XI. Singaraja: Toko Indra Jaya.

Tinggen, I Nengah. 1993. Kumpulan Satua Bali XIV. Singaraja: Toko Indra Jaya.

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Yasa, I Nyoman. 2012. Teori Sastra dan Penerapannya. Bandung: Karya Putra Darwati.

Published

2020-10-02

How to Cite

Sadwika, I. N., & Astawan, I. N. (2020). CERITA RAKYAT BALI (SATUA ) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEKRITISAN PENALARAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR DAN PENDIDIKAN KARAKTER. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(2), 605 - 614. https://doi.org/10.5281/zenodo.4049413

Issue

Section

Articles